9/18/2014

LKS BAB 1 BIOSFER

LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

Nama Sekolah             : SMAS Alfa Centauri
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester            :XI-IIS /Ganjil
Kompetensi Dasar      : 3.2 Menganalisis sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim
4.2 Mengomunikasikan sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim dalam bentuk artikel ilmiah, makalah, atau bahan publikasi lainnya.
Materi Pokok              : Sebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia.
Topik Bahasan            : Konservasi Flora dan Fauna
Tema Kegiatan            : Observasi Lapangan dalam langkah-langkah penelitian geografi


Perhatikan langkah-langkah pembelajaran berikut ini dengan seksama!
1.       Buatlah makalah secara sederhana
2.       Buatlah kelompok, terdiri dari 7/8 orang
3.       Pilihlah topik bahasan, mengenai:
a.       Sebaran Flora dan Fauna di wilayah landasan kontinen Asia (Indonesia bagian barat, pulau Sumatera, pulau Jawa, dan pulau Kalimantan)
b.      Sebaran Flora dan Fauna di wilayah Indonesia bagian tengah (pulau Sulawesi, Maluku, dan kep. Nusa tenggara)
c.       Sebaran Flora dan Fauna di wilayah landasan kontinen Autralia (Indonesia bagian timur/ Pulau Papua)
4.      Bioma apa yang terjadi di wilayah tersebut?
5.      Flora apa saja yang terdapat di wilayah tersebut?
6.      Fauna apa saja yang terdapat di wilayah tersebut?
No 4 dan 5 dibuat dalam bentuk peta
7.      Faktor apa saja yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna tersebut?
8.      Sebutkan bentuk pemanfaatan flora dan fauna tersebut bagi:
a.       Bidang pertanian
b.      Bidang kesehatan
c.       Bidang Industri
d.      Bidang Budaya dan Keindahan
e.       Bidang Pendidikan dan Penelitian
9.      Apa saja bentuk kerusakan flora dan fauna yang terjadi di daerah habitatnya?
10. Adakah kawasan suaka alam atau kawasan pelestarian alam di wilayah kajian? Sebutkan nama kawasan tersebut! (buat dalam bentuk tabel)

0 komentar:

Posting Komentar

See